DOCTOR JIN KDRAMA: REMAKE OF THE HIGHEST RATING JDORAMA “JIN”


Berdasarkan manga “JIN” yang kemudian dibuat doramanya dengan judul sama pada 2009 menyusul kemudian sekuelnya tahun 2011 lalu, JIN yang disiarkan oleh stasiun tv TBS JEPANG ini merupakan THE HIGHEST RATING DORAMA pada masa rilisnya dan tahun ini 2012, Korea memproduksi remake dorama ini dengan judul DOCTOR JIN (Dr. Jin).

image

Doramanya sendiri bercerita tentang Dr. Jin Minakata yang seorang dokter bedah terbaik di Jepang, terpuruk karena ditinggal oleh wanita yang sangat ia cintai.

Ia kemudian mengalami time slip dan berada di Jepang abad ke 19, tak disangka ia bertemu dengan wanita yang sangat mirip dengan wanita yang ia cintai kemudian pada era itu ia malah mngembangkan teknologi kedokteran dengan segala keterbatasan yang ada.

Dorama ini dibintangi oleh Takao Osawa, Miki Nakatani, Koisuke Koide, Haruka Ayase dan Kenta Kiritani. Bintang bintang yang membintangi dorama ini tentunya sudah tak asing lagi namanya dan dengan akting yang menawan pula, hal ini mungkin menjadi salah satu alasan kenapa dorama ini meroket kepopulerannya di Jepang.

Plot Remake buatan Korea dikatakan setia dengan versi Dorama Jepangnya dengan penyesuaian zaman dan karakter…

Drama Koreanya tetap bercerita tentang Dr. Jin yang mengalami time slip, nama Jin Minakata menjadi Jin Hyuk dan ia melakukan perjalanan waktu ke era Dinasti Joseon, 150 tahun sebelumnya.

image

Drama Korea ini dibintangi oleh Song Seung Hyeon sebagai Dr. Jin dan leading actress jatuh pada Park Min Young. Hero Jae Joong/ Kim Jae Joong dan Lee Beom Soo didaulat sebagai supporting actors.

Sambutan masyarakat Korea cukup baik, menempati posisi ke 4 dengan digit 14 di Seoul dan posisi ke 6 nationwide dengan digit 10….

Namun jika dibandingkan sukses yang diraih oleh versi aslinya dorama Jin, Dr. Jin remake Korea tidak ada apa apanya. Rating Dorama Jin yang pertama selalu berada di atas digit 15 dan mencapai digit 25!!

Tidak hanya itu sekuelnya justru sukses luar biasa melebihi pendahulunya, rating Jin 2 yang terendah adalah digit 18 dan yang tertinggi mencapai digit 32….ckckck suatu kesuksesan besar dalam sejarah layar kaca Jepang!!!

(informasi rating didapat dari Asianmediawiki)

Nama nama bintang yang membintangi Dr. Jin KDrama ini memang tidaklah terlalu mengecewakan baik dari segi akting maupun dari penempatan karakternya hanya saja kecenderungan dramatisir plot dan lemahnya skenario mnjadi alasan saya kenapa saya tidak terlalu merekomendasikan Kdrama ini for you readers…

However jika anda tetap ngotot ingin menontonnya, saran saya tontonlah dulu Dorama Jin bikinan Jepang sebelum anda menonton  Remake Korea ini and you will find the differences🙂

15 Tanggapan

  1. Reblogged this on boutjapan and commented:
    perbandingan JIN vers. KOREA dan versi JEPANG…

  2. Jepang memang paling terbaik utk kiblat perfilman yg bertema sains, baik itu medical maupun komputer, apalagi detektif, sejauh ini belum ada negara asia lainnya yg mampu menandinginya… tapi kalo romance apalagi romance comedy, Korea jagonyaaa, kalau silat China ahlinya, masing2 punya keunggulannya. sesuai kebutuhan, saat ingin medical sy hunting dorama, sdg mau romcom hunting kdrama, mau yg silat ya shaolin. hehehe,

    • Hai nice havin u here for the 1st time sharin comment hehe🙂

      I agree…saia tambahin ya…
      bicara soal drama/film ya semua tergantung selera org msg2…saya sendiri lbh prefer bikinan Jpg krn lbh masuk akal drpd bikinan dr negeri ginseng yg sinetron abis atw negeri berbhasa Mandarin yg sgt rame.
      Soal komedi romantis, nah bedanya memang sgt terlihat, klo Jpg lbh mengetengahkan aksi komikal contoh saja the acclaimed award winning dorama Nodame Cantabile sedangkan Korea well ada banyak komedi romantis terbitan negeri ginseng yg bagus namun 1 hal yg saia kurang senangi adlh seringkali plot/scriptny lucu di awal tp mewek mendekati akhir alias suka didramatisir (back to ala sinetronny) sekalipun kan berakhir happy ending.

      Jpg meramu romantic comedyny dg pas tanpa embel2 amat sgt menderita sekali heroine-ny (tetap logika ditengahkan), sdgkn Romcom Kor, ada scene pertengkaran lucu dikit dah dikasih embel2 Romcom pdhl sisany scene2 mewek dmn pemeran utama wanitany menderita abiss.

      Romcom Kor lbh sering bercerita ttg Cinderela Story yg endingny bs ditebak hnya dg menonton 1 epi sja sdgkn Jpg…hm jarang.

      Nah Romcom Mandarin biasany slalu rame, 1 scene kebanyakan diisi dg banyak org kayak film India jdny sumpek dan fokusny pd main roles tdk stabil justru peran remeh temeh lbh banyak dpt scene…biarpun bgtu ad jg yg hasilny bagus kayak Easy Fortune Happy Life atw the highest rating drama Fated to Love U.

      Despite all that tetep sja pilihan tergantung selera kan…😉 Happy watchin

  3. suka yang doramanya..

  4. selera orang emang beda – beda aku juga awalnya kenal dorama dulu ketimbang serial korea tapi karena belakangan banyak serial korea yang beredar aku jadi lebih sering nonton dan suka drama korea ketimbang yang lain. Keunggulan serial korea itu dari segi view,cast juga cerita,, tapi belakangan ini aku balik lagi nonton dorama dan setelah beberapa kali aku nonton dorama aku jauh lebih suka dorama karena dorama menawarkan lebih banyak genre dan di dorama juga kita bisa dapet pesan sekaligus pelajaran dan menonton dorama membuat kita bertambah pintar. Bukannya drama korea gak bagus drama korea bagus terutama kalau bikin cerita yang romantis tapi kalau kita udah nonton dorama, drama korea terasa seperti nonton sinetron dan perlu diingat sumber pembuatan drama baik dorama, drama korea, taiwan dan yang lain kebanyakan bersumber dari jepang dan jepang hanya sedikit mengadaptasi cerita dari negara lain. aku gak bermaksud ngebash, hanya sekedar opini karena sejauh ini aku masih nonton drama korea n dorama.

  5. aku penyuka dorama dan kdarama, juga boyband jepang dan korea. untung aja keduanya punya ciri khas jd aq suka dua-duanya. cuman yg mnurutku agak aneh dari netizennya…dari yg aq perhatiin slama ini, netizen dari korea selalu ngebahas artis bias mreka dan ga pduli dri ngara lain apalagi ngebandinginnya seakan mreka tdk peduli, palingan hanya antara artis korea…klw netizen jepang cnderung ngebandingin artis mreka ama ngara lain trutama dri negeri ginseng, bhkan ada yg nganggap kalw korea hnya menyajikan wajah oplas shingga mreka terkenal dseluruh dunia dan tdk memiliki cirikhas suara pda boybandnya…padahal hey!!!! coba liat hallyu wave mledak hingga negeri paman sam…mreka t’knal tntu saja krena wjah dan bkat mreka mlalui hsil karya mreka…nggak mgkn kan btah ngeliat orang cakep nggak bisa nyanyi , mending pajang fotonya aja daripada beli kasetnya. Tp kenyataannya emang album2 dri negri ginseng akhir2 ini brhasil mnembus billboard dunia..dan hey!!! knapa artis korea yg mrambah jepang , bukannya jepang yg merambah korea…. jd keliatannya netizen jepang nggak nerima klw hallyu emang dterima scara internasional. dan utk dorama vs kdrama saya rasa seimbang…nggak romcom aja, medicalnya kyak chain and abel jg keren, sign, brain & msh banyk lg, utk action, iris jg kren, mkanya jgn liat yg romcomnya aja, hrus update atw liat yg lain jga…

    • Hi mksh dah komen

      Well tiap org blh berpendapat apa saja krna pandangan msg2 org berbeda, apa yg mungkin benar menurut pandangan seseorg blm tentu menurut org lain…
      Lagu2 Jepang dan musisi2ny tlah lama mendunia dan sering juga lagu2ny dibuat versi Inggrisnya olh musisi barat pun begitu dg film2 dan doramanya jd tdk hanya Korea, pun begitu dg negara Asia lainnya semisal China yg remake Internal Affairsnya menjadi The Departed dibintangi Leo Dicaprio menguasai ajang Academy Awards, hal ini juga sama dg lagu2nya dan musisi2ny yg Go Internasional…
      Tak lupa tentunya dg negeri sendiri dmna dlu lagu SO7 diremake olh musisi China n msh bnyak pula lagu maupun musisi kita yg Go Internasional…
      What happen to Korea is a matter of publication n promotion yg dikemas begitu baiknya en of course”menjual” dlm artian kualitas.
      Blog ini juga pernah membhas KorDrama, Iris dan ini bkn pertama kalinya saia salut dg industri perfilman Korea yg ga nanggung dan ketika ditilik ke belakang industri ini sdh memiliki seabrek film sejenis dg berkualitas, contoh saja Phantom The Submarine yg sdh dbhas serta msh banyak lg film yg berkualiats lainnya dg theme suspense yg bs dikunjungi di blog ini sbg bahan rekomendasi menonton…
      Soal netizen well once again tiap org pendptnya beda lalu bgaimana and dpt menyimpulkan bhwa netizen jepang itu semuanya pd iri dg Korea? Berdsrkn internetkah? Hm…jumlah org Indo dg nama samaran Jepang jauuuuhhh lbh buanyak drpd org Jepang aslinya lgpula acc to survey, Jpang ga sekuat itu penggunaan eksisny di net dibandingin org Indo….so netizen mana nih?
      Jpang memang terkenal melindungi industri dlm negeri mereka shga ketika Fuji TV menayangkan Kordrama banyak org Jpang kurang setuju dan melakukan petisi tp g bearti mreka ngiri, Koreapun g patah arang mreka berusaha menembus pasar Jepang dg Korean singer yg meremake lagu2 mreka jd berbahasa Jepang…sehingga berhasil menembus Oricon…en menurut saia hal itu menunjukan bhwa Jpang berhasil memproteksi negarany skaligus menunjukan bhwa memang publikasi yg di lakukn Korea is so damn Super!! Thumns up! Bukankah ad banyak jln menuju Roma??
      Saia menyukai karya2 seni dr negara2 Asia manapun, mreka memang memiliki ciri khas msg2 but jika dlm review yg saia tulis terdpt kesubjektifan well pd dasarny blog ini adl blog personal, Kritikus film sekalipun pasti menggunakan pendapat personal mreka krna itulah ad bnyak pendapat pd 1 krya mengingat cara org mengapresiasi seni berbeda…
      Seperti halnya dg anda😉
      So bagaimana klo anda coba membuat blog biar tersalurkan pandangan2ny terhadap karya seni negara2 Asia seperti saia dg blog ini then i can say welcome to the blogger world ↖(^▽^)↗

  6. Udah lama tau tentang k-drama dr.jin awalnya males nonton eh ternyata adaptasi dr j-drama jin.. hmmm tema yg menarik jadi ada niat donlot yg j-drama.
    Kalo aku lebih suka j-drama soalnya memang lebih banyak nonton j-drama dan jadi nggak tertarik sama k-drama. Lagian j-drama tuh episodenya lebih dikit jadi donlotnya nggak lama2.. hahaa

  7. Jin is one of the best drama and of course my favorite drama.
    Remake belum nonton sih tapi kayaknya nggak minat hihihi.. padahal ada oppa Song Seung Hyeon nih..

  8. Saya penikmat dorama jepang. Dan sempat beralih ke drama korea pas kuliah, tapi sekarang saya agak sedikit bosan dg drama korea yg cerita2 yg hampir sama di semua drama, mau awalnya komedi atau apapun pasti intinya kembali lg ttg percintaan yg didrMatisir antara tokoh utamanya.. hal ini yg buat saya kembali menikmati j-dorama yg lebih banyak pilihan genrenya, dan harus diakui kalo ditiap dorama pasti banyak pesan2 moral serta kata2 yg nambah kita semangat.

    Kalo ttg dorama dr.jin ini, awalnya saya malah tau versi koreanya dulu time slip dr jin (krn lg demen2nya nonton k-drama), pertama kali liat kayaknya seru nih ttg medis dan timeslip. Trus nonton deh, tp cuma bertahan nonton 2 episode, saya sama skali ga tertarik nglanjutin, agak bosen ceritanya. Trus nyoba2 googling sinopsis time slip dr jin ep 3, eh saya nemu di google ternyata remake dari dorama jepang dan ratingnya tinggi pula… jadilah saya download yg versi jepangnya… luar biasa, nonton ep 1 lgsg tertarik, tanpa ada yg saya cepet2in nontonnya… ini dorama medis yg bagus selain iryu dan code blue.

    Dan menurut saya, drama medis jepang jauh lebih keren dari korea (gomen ne)

    Habis nonton ini, saya malah nyari2 dorama jepang yg baru tiap musimnya,, sudah bosan dg drama korea yg percintaannya yg didramatisir dan bikin galau (kayak sinetron).. beda klo dg dorama jepang, semuanya amda porsinya… pesan2 moralnya yg selalu ada di tiap dorama..

    Buat yg udah nonton time slip dr jin lebih baik nonton juga Dorama JIN ini… dijamin ga nyesel deh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: